Rabu, 04 November 2009

manajemen ,supervisi & kewirausahaan

Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal. (http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen)

A.

 

Pengertian Supervisi

  Konsep supervisi modern dirumuskan oleh Kimball Wiles (1967) sebagai berikut :

“Supervision is assistance in the devolepment of a better teaching learning situation”. Supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi pembelajaran yang lebih baik. Rumusan ini mengisyaratkan bahwa layanan supervisi meliputi keseluruhan situasi belajar mengajar (goal, material, technique, method, teacher, student, an envirovment). Situasi belajar inilah yang seharusnya diperbaiki dan ditingkatkan melalui layanan kegiatan supervisi. Dengan demikian layanan supervisi tersebut mencakup seluruh aspek dari penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran. (http://www.docstoc.com/docs/7835615/BAHASA-SD-5-SUPERVISI)

 

Kewirausahaan

Kewirausahaan adlh salah satu bentuk kegiatan ekonomi dgn mengusahakan pekerjaan sndiri, kewiraushaan brarti mengelola bisnis scara mandiri, mendptkan pendapatan sndiri tnp dr org laen. Mksudnya pndapatan tu dr dr diri sendir jd tdk bekerja utk org laen, wirausaha bkerja utk diriny sndiri. Terkadang malah menciptakan lapangan kerja. (http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080516235349AACF0PI)

cuma mau bantu buat yg nyari2 tugas..^^ have a nice day

Tidak ada komentar:

Posting Komentar